Minggu, 27 Januari 2013

OLAP, MOLAP dan ROLAP

OLAP
OLAP (Online Analytical Processing) adalah sebuah pendekatan secara cepat menyediakan jawaban-jawaban terhadap kueri analitik yang multimensi di dalam alam. OLAP adalah bafian dari kategori yang lebih global dari pemikiran bisnis, yang juga merangkum hubungan antara pelapora dan penggalian data. Aplikasi khusus dari OLAP adalah pelaporan bisnis untuk penjualann, pemasaran, manajemen pelaporan, manajemen proses bisnis (MPB), penganggaran dan peramalan, laporan keuanfan dan bidang-bidang yang serupa. Istilah OLAP merupakan perampingan dari istilah lama database OLTP (Online Transaction Processing). Database yang dikonfigurasikan untuk pelayanan OLAP model data multidimensi, bisa digunakan untuk analisis komplek dan kueri khusus (ad hoc) dengan suatu laju waktu eksekusi. 


Keuntungan OLAP

  • Meningkatkan produktifitas pemakai akhir bisnis, pengembang IT, dan keseluruhan organisasi. pengawasan yang lebih dan akses tepat waktu terhadap informasi strategis dapat membuat pengambilan keputusan lebih efektif
  • mengurangi "backlog" pengembagan aplikasi bagi staf IT dengan membuat pemakai akhir dapat merubah schema dan membangun model sendiri.
  • Penyimpanan pengawasan organisasi melalui integritas data koorporasi sebagai aplikasi OLAP tergantung pada data warehouse dan sistem OLTP untuk memperbaharui sumber tingkara data mereka.
  • mengurangi aktifitas query dan lalu lintas jaringan pada sistem OLTP atau pada data warehouse.
  • Meningkatkan hasil dan keuntungan secara potensial dengan mengizinkan organisasi untuk merepon permintaan pasar lebih cepat.
Penyajian Data Multidimensi
  • Server basis data OLAP menggunakan struktur multidimensi untuk meyimpan data dan hubungan antar data. Struktur mltidimensi data dapat digambarkan seperti kubus data, dan kubus didalam kubus data. Setiap sisi kubus adalah sebuah dimensi.
  • Data multidimensi adalah data yang dapat dimodelkan sebagai atribut dimensi dan atribut ukuran.
  • Contoh atribut dimensi adalah nama barang dan warna barang contoh atribut ukuran adalah jumlah barang.
Server basis data OLAP multidimensi mendukung operasi analitikal, seperti :
  • Konsolidasi : melibatkan pengelompokan data seperti ekspresi roll-up sederhana atau kompleks yang melibatkan hubungan antar data. Contoh : kantor-kantor cabang dikelompokkan menurut kota, dan kota dikelompokkan berdasarkan negara.
  • drill-down : kebalikan dari konsolidai, menampilkan data secara rinci yang berisikan penggabungan data.
  • Sclicing dan Dicing ( atau dikenal dengan insilah pivoting): menerangkan kemampuan untuk melihat data dari sudut pandang yang berbeda-beda.

ROLAP
ROLAP adalah tipe OLAP yang bergantung kepada database relasional atau RDBMS ( Rational Database Management System) sebagai media penyimpanan (storage) data yang akan diolah. dengan strategi tersebut maka OLAP server terhindar dari masalah pengelolaan data storage dan hanya menerjemahkan proses query analysis (MDX) ke relational query (SQL). Otomatis proses optimal ROLAP akan sangat ditentukan di sisi produk RDBMS yang digunakan misalkan dari sisi penanganan jumlah data dan stategi indexing.



MOLAP
MOLAP adalah tipe OLAP yamg memiliki storage sendiri, yang isinya merupakan precomputed agregasi data - sum, count, min, max, dan sebagainya yang terlibat pada berbagai level detail. storage ini berupa format yang hanya dikenali oleh MOLAP server tersebut dan telah khusus dioptimalkan untuk penggunaan oleh aplikasi tersebut.



Cara kerja MOLAP secara umum dibagi ke dalam 2 tahap sebagai berikut :
  1. TAhap konstruksi dan populasai data, pada tahap ini sumber data akan dibaca, dilakukan perhitungan agerasi (summary group) pada berbagai level dimensi, dan hasilnya akan disimpan di storage MOLAP. Jika objek data diperumpamakan dengan table, maka untuk satu akan banyak fragmen table yang isinya adalah detail agregasi dari level tertentu.
  2. Tahap query atau layanan permintaan data analisis, pada tahap ini OLAP Server akan melayani permintaan query dari client dan membaca data dari storage MOLAP. Tabel yang akan dibaca adalah suatu fragmen yang akan disesuaikan dengan permintaan dari client. Pada fase query ini, jika OLAP Server terputus dengan data source tidak apap karena sudah tidak ada kaitannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar